Menjadi Entrepreneur Online Kuasai Dunia

Assalammualaikum...selamat malam para blogger. Kali ini saya ingin memposting lagi nih. "Menjadi Entrepreneur Online Kuasai Dunia"
Kenapa saya pilih judul tersebut? Ini adalah salah satu postingan mengenai tugas kuliah saya. Kebetulan sekali saya adalah mahasiswa baru di salah satu kampus yang ada di Jogja "STMIK Amikom". Syarat sebagai mahasiswa baru di kampus tersebut adalah membuat planing yang akan kita lakukan selama berada di bangku perkuliahan. Dan saya memilih untuk menjadi Pebisnis Online.

Oke,sebelumnya saya ingin bercerita sedikit untuk menjadi pebisnis online yang sukses. Sukses merupakan penilaian masimg-masing orang dan bersifat individual. Orang yahttp://www.blogger.com/blogger.g?blogID=2101965592897559499#editor/target=post;postID=2113536766077881301ng bisa di bilang sukses , bukan berarti orang tersebut sudah memiliki banyak uang. Itu bukan arti sukses. Namun seseorang bisa di bilang sukses apabila dia sudah memberikan yang terbaik untuk dirinya.

Disini saya bukan menceritakan gimana untuk menjadi sukses. Tapi saya ingin berbagi tentang apa yang pernah saya alami dan benar-benar saya lakukan demi mencapai apa yang sering di sebut orang "SUKSES"

Namun dalam bentuk apa? ini bukanlah inovasi baru , bukan juga inovasi penelitian dengan beberapa riset, bla...bla..bla.. Bisnis saya ini hanya bisnis online biasa. Yaitu dengan menjual produk dan menjualnya lewat internet (website/blog). Kenapa anda menjual produk anda di Internet? Di Indonesia hampir sebanyak 22ribu orang pengguna internet dengan berbagai kebutuhan. Mulai dari sandang,pangan,dan semua barang adalah kebutuhan. Namun untuk membuat itu semua tidaklah mudah,tidak semudah membalik telapak tangan. Untuk menjadi pebisnis online anda harus mengenal pasar anda terlebih dahulu. Maksudnya rencanakanlah apa yang ingin anda jual, bidik sasaran anda dengan membuat analisis ,mulai dari apa yang di butuhkan masyarakat hingga analisis pesaing anda. Bukan itu aja, sedikit ilmu SEO juga dibutuhkan dalam dunia marketing internet. Nah disini saya akan menjelaskan pengalaman saya dalam berbisnis online.
Ini juga termasuk tugas kulia saya,kebetulan judulnya "Bisnis Plan" saya akan membuat riset dan cara membuat toko online yang baik.
Kenapa saya memilih ini? Apakah saya seorang entrepreneur sukses? "TIDAK" apakah saya seorang ahli SEO? "TIDAK" apakah saya ahli grafis? "TIDAK" jawaban saya memilih bisnis online karena Internet adalah jendela dunia di balik keyboard dan layar monitor. Semua orang dapat terhubung ke dunia Internet dengan hanya sekali klik.

Oke ini lah bisnis saya yang sudah saya jalani sejak tahun 2011 lalu. Kira-kira penampakannya seperti ini gan :



Untuk lebih lengkapnya silahkan link aslinya : http://casing-nokia.blogspot.com
Siapa tau anda yang membaa artikel ini sedang cari-cari casing hp :p

Walaupun hanya memakai hosting gratisan , blog tersebut dapat menampung satusan visitor/harinya
dan dari rasatusan visitor tersebut dapat diperkirakan seberapa banyak orang yang akan order barang kita dari sabang sampai maruke. Perkirakan saja misalnya 3-5 orang per hari yang order. Tinggal itung aja per bulannya barap? :D

Bagaimana caranya? Banyak pebisnis online harus gulung komputernya karena tidak adanya pengunjung dari iklan yang dibuat. Lalu bagaimana caranya agar iklan kita banyak di kunjungi?
  • Buatlah iklan anda semenarik mungkin sehingga para pengunjung dapat menikmati dan menjelajahi situs anda.
  • Sebarkan link iklan ke berbagai situs media social ataupun situs directory bormarking sebanyak mungkin. Jangan malu untuk mmpromosikan barang anda
  • Buat link iklan di berbagai penyedia iklan baris, misalnya TokoBagus.com ,Berniaga.com dll.dengan demikian anda mendapat pengunjung tambahan
  • Lakukan teknik SEO,yaitu Search Engine Optimation. Ada berbagai macam SEO yang di terapkan oleh para blogger,baik SEO on page ataupun off page. Baik SEO gratisan maupun SEM yang di sediakan oleh google. Teknik ini adalah teknik agar situs mesin pencari seperti Google,Bing,Yahoo,Ask dll dapat merayapi situs anda dengan baik. Untuk teknik ini baca postingan saya sebelumnya ,bagaimana penerapan SEO
  • Lakukan uji coba penyelusuran kata kunci dengan Google Keyword Tools hal ini dilakukan karena agar anda dapat menentukan pasar mana yang cocok buat iklan anda. Saran saya cari yang peminatnya banyak dan persaingan rendah.
  • Lakukan teknik SEO dengan Google Analytics. Hal ini membantu anda dalam melihat statistik blog anda dan dapat menyesuaikan kekurangan dari blog anda dan memperbaikinya
  • Lagi dan lagi promosi barang anda ke semua kesempatan yang ada
Sekali lagi saya uapkan saya bukanlah ahli SEO saya hanya melakukan apa yang saya lakukan semampu saya. Dengan berawal dari keisengan saya membuat blog dengan judul Casing Nokia Original pada tahun 2011 lalu dengan menanamkan informasi contact person eh tau nya ada yang menghubungi. Dan makin kelamaan kok makin banyak aja yang menghubungi saya. Pada waktu itu saya lupa kalau saya pernah membuat iklan di blog dengan menaruh contact person saya. Dan setelah saya riset ternyata banyaknya orang yang menghubungi saya hanyakarena orang tersebut ingin membeli apa yang yang saya buat dalam iklan. Jujur pada tahun 2011 saya sempat cuek dengan tanggapan orang lain atas iklan saya. Akhirnya saya memberanikan untuk terus berbisnis online.

Setelah saya melihat hasil dari Casing Nokia Original saya membuat kembali iklan yang berjudul Jual Jamu Herbal namun dari iklan saya tersebut sepi pengunjung. Disitu saya mulai belajar blog dan SEO. Saya beranggapan bahwa "Casing Nokia Original" pada waktu itu sangat minim pesaing makanya iklan saya nongol di halaman pertama baris pertama dengan kata kunci CASING NOKIA , atau CASING NOKIA ORIGINAL. Oleh karena itu saya igin menambah ilmu saya di dunia internet dengan masuk perguruan tinggi STMIK AMIKOM Yogyakarta. Semoga dengan belajar dan terus belajar saya dapat lebih pintar dan jago lagi dalam optimasi SEO. Dan dapat mmbuat toko online yang banyak dan dengan traffi yang banyak.

Para pelanggan Casing Nokia Original, penjualan dan order Casing masih berlanjut kok. Walaupun saya sekarang sedang menuntut ilmu. Sekarang admin beralamat di Jl.Curug no 28B Cibinong Jawa Barat. Dipegang langsung oleh abang saya sendiri. Walaupun pelayanan agak berubah tidak seperti  dulu, Kami tetap siap melayani anda :))

Berhubung ini adalah tugas kulia saya, harap maklum kalau curhat sedikit :D siapa tau dapat menjadi inspirasi para pembaca. Oia blog ini juga merupakan tulisan-tulisan saya selama saya kuliah. Jadi apa yang saya dapatkan nanti di perkuliahan akan saya share di blog ini.
Karena saya tidak lagi menjadi pembisnis online yang menjual barang,dengan blog ini sekarang saya ingin belajar Adsense. Ingat !semua itu tidaklah instan butuh proses dan terus belajar dan belajar..




0 komentar